Translate

Friday 25 July 2014

CARA MEMBUAT BURGER KACANG MERAH

RESEP BUMBU DESA WARISAN NUSANTARA
Burger berbahan dasar daging sebenarnya tidak banyak manfaatnya dari segi gizi, serta memiliki kandungan lemak dan zat aditif yang tinggi. Membuat burger dari sayur memang lebih sulit, tapi makanan ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. 

cara membuat burger, burger kacang merah, cara memasak, kumpulan masakan, resep masakanUntuk 4 Burger
Bahan :
- 120 gram kacang merah
- 1/2 siung bawang bombay, parut
-  1 buah wortel kecil, parut
- 40 gram tepung panir dari roti wholemeal
- 1 sendok makan selai kacang
- 1 butir telur kocok
- garam dan merica secukupnya
- minyak goreng  bunga matahari secukupnya saja untuk menggoreng
- 4 roti burger wholemeal atau bagel dengan biji-bijiannya, saat disajikan 
- irisan selada, tomat, dan timun untuk penyajian

Cara membuat :
- Masukkan kacang merah ke dalam foot processor atau blender bersama bawang bombay, wortel, tepung panir, selai kacang dan telur. Blender adaonan sampai membentuk pure kasar. Beri garam dan merica secukupnya, kemudian dinginkan selama satu jam agar adonan mengeras.
- Bentuk adonan menjadi 4 buah burger menggunakan tangan yang dilumuri tepung terigu, kemudian celupkan tiap burger ke dalam tepung untuk melapisi.
- Panaskan minyak secukupnya ke dalam wajan. Masak 2 burger sekaligus selama 3 menit pada tiap sisinya, atau sampai berwarna keemasan. Keringkan minyak dengan tisue dapur. Jika anda ingin memanggang burger, olesi dengan minyak dan panggang selama 4 menit pada tiap sisinya. Ulangi langkah-langkah di atas untuk sisa burger berikutnya.
- Untuk penyajian, belah roti burger menjadi 2 bagian. Masukkan burger kacang merah, selada, tomat, dan timun sesuai selera, sajikan dengan saus tomat.

Search This Blog

Wikipedia

Search results