Search This Blog

Saturday, 12 July 2014

CARA MEMBUAT BUBUR OAT DENGAN SAUS APRIKOT UNTUK BAYI

RESEP BUMBU DESA WARISAN NUSANTARA
Semangkuk bubur hangat menjadi cara yang tepat untuk mengawali hari. Oat dicerna perlahan di dalam tubuh, membantu mempertahankan kadar energi dengan cara menjaga kadar gula darah tetap stabil. Taburkan kacang panggang sebelum penyajian (bila suka)



Untuk 2 porsi
Bahan :
100 g Bubur oat
1 sdt wheatgerm atau biji gandum (bila suka)

Untuk pembuatan saus apricot:
125 g apricot siap makan yang tidak diawetkan, dicincang kasar
150 ml sari buah apel segar (bukan konsentrat)
150 ml air

Caranya Sebagai berikut :
1.      Untuk membuat saus apricot, masukkan apricot ke dalam panic bersama sari buah apel dan air. Didihkan, tutup panci, kemudian kecilkan api dan biarkan mendidih selama 30 menit atau sampai aprikot lunak. Masukkan saus apricot ke dalam blender atau food processor dan haluskan menjadi pure. Biarkan dingin
2.      Untuk membuat buburnya, masukkan oat dan wheatgerm (bila suka) ke dalam panic bersama dengan susu. Didihkan, sambil sesekali diaduk. Kecilkan api dan biarkan mendidih sambil sering-sering diaduk selama 4 menit, sampai halus dan terlihat seperti krim.
3.      Pindahkan bubur ke dalam 2 buah mangkuk. Tambahkan satu sendok saus aprikot di atas masing-masing mangkuk bubur, atau anda juga bisa mencapurkannya. Tuangkan satu sendok penuh madu dan taburi kacang panggang (bila suka)

Manfaat untuk Otak :
-          Oat menyajikan kombinasi menyehatkan dari vitamin B kompleks, magnesium ini lebih diperkuat lagi dengan susu. Oat juga menjadi sumber triptofan yang kemudian diubah oleh otak menjadi serotonin. Hormon ini dapat memperbaiki suasana hati (mood).


-          Aprikot adalah sumber zat besi. Kekurangan zat besi telah lama dikaitkan dengan depresi dan kesulitan belajar.

Popular Posts