Translate

Saturday 5 July 2014

Mie Goreng dan Es Teh Jeruk Nipis

MIE GORENG BERGIZI

Bahan : mie basah 50 gram, bihun kering 25 gram, daun bawang 1 batang, minyak goreng 1 sendok makan, bawang putih 3 siung dicincang, jahe cincang 1 sendok teh, merica bubuk, dan garam secukupnya.
Taburan : telur ayam 1 butir  (  ora-arik pada wajan anti lengket dengan sedikit minyak goreng), daun ketumbar  dicincang 1 sendok teh, dan wortel serut secukupnya.

Cara membuat : Iris serong daun bawang dengan ukuran  2 cm, cuci mie basah lalu tiriskan, rendam bihun hingga lunak dan tiriskan. Panaskan minyak goreng dalam wajan diatas api yang besar, tumis terlebih dahulu bawang putih yang sudah disiapkan dan jahe hingga baunya harum, tuang sedikit air dan masukkan merica.
Masukkan daun bawang. Setelah agak layu masukkan mie basah dan bihun, aduk hingga merata. Angkat, hidangkan panas dengan taburan telur orak-arik yang sudah disiapkan tadi, daun ketumbar  dan wortel serut. 

Nilai energi dan zat gizi
Energi              305,4 kkal      Natrium            77,8 mg
Protein                9,8 g            Kalium           182,8 mg
Lemak              11,8 g            Kalsium            62,7 mg                                                              
Karbohidrat      39,4 g            Magnesium       22,0 mg



ES  TEA JERUK  NIPIS

Bahan : teh 1 sendok teh, gula pasir 1 sendok makan, JERUK nipis, air mendidih 1 gelas besar

Cara membuat : tuang kan the kedalam gelas beserta air mendidih ½ gelas. Tunggu hingga teh mengental, kalau air sudah berwarna coklat berarti the pahit sudah jadi lalu tambahkan gula pasir dan aduk hingga berasa manis. Setelah jadi maka dinginkan terlebih dahulu. Selagi menunggu air tehnya dingin kita iris jeruk nipis tipis dan ambil 1 bagian saja belah sebagian agar bisa ditancapkan di atas gelas sebagai hiasan. Siapkan air es ke dalam gelas besar ½ gelas, tambahkan tehnya, jadi dan siap diminum.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Wikipedia

Search results