Translate

Thursday 3 July 2014

Tempe Tumis Cabai Hijau dan Jambu Biji Rebus Manis

TEMPE TUMIS CABAI HIJAU

Bahan : Tempe 1 potong (50 g dikukus hingga matang dan diiris kotak-kotak seperti dadu), 1 sendok teh minyak untuk menumis.

Bumbu : 4 siung bawang merah diiris halus, 2 siung bawang putih diiris halus, Cabai hijau 5 buah diulek kasar, 1 buah tomat hijau dipotong jadi 4 bagian sama, 1 lembar daun salam, lengkuas dimemarkan, garam seperlunya dan Air panas secukupnya.

Cara membuat : Panaskan minyak dan tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi. Kemudian kita tambahkan daun salam, lengkuas secukupnya, cabe hijau, dan tomat. Aduk sampai cabai dan tomat layu, masukkan TEMPE dan sedikit air. Biarkan sesaat sampai bumbunya meresap baru diangkat dan disajikan.


JAMBU BIJI REBUS MANIS



Bahan : jambu biji 200 g dipotong-potong sesuai dengan selera, gula pasir 2 sendok makan, Kayu manis 1 batang, cengkeh 5 butir, dan air 250 cc.


Cara membuat : Jambu kita belah menjadi 7-10 bagian keruk bijinya, sisihkan. Rebus air dengan api sedang, masukkan gula, masukkan kayu manis, dan masukkan cengkeh. Masak sampai gula larut dan benar-benar mendidih. Masukkan potongan jambu, masak hingga mendidih lagi, kecilkan apinya. Panci kita tutup sampai jambu layu dan mulai lunak. Angkat panci dari api, sisihkan jambu dan saring cairan gula dan buang ampasnya. Masukkan kembali jambu ke dalam air gula yang sudah tidak ada ampasnya. Dinginkan dan sajikan dalam gelas.

Search This Blog

Wikipedia

Search results