Search This Blog

Thursday, 10 July 2014

Buah dan Kacang Yang Bikin Pandai

Buah dan Kacang Yang Bikin Pandai

Perlu dan penting kita ketahui bahwa sebagian sereal sarapan mengandung banyak sekali gula, bahkan garam. Semangkuk cornflakes dapat mengandung lebih banyak sodium dibandingkan dengan satu pak biskuit. Cobalah membuat sendiri sereal renyah berikut yang merupakan campuran bergizi dari buah-buahan, kacang, oat, serta biji-bijian, yang mengandung banyak persediaan energi untuk kegiatan sehari penuh. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan resep ini dengan memasukkan buah-buahan kering kesukaan anak-anak.

Untuk 200 porsi

Bahan :
- 100 g kacang mete
- 60 g almond yang diputihkan ( blanched )
- 250 g bubur oat
- 70 g biji bunga matahari
- 35 g biji wijen
- 3 sendok makan minyak dengan campuran Omega atau munyak bunga matahari
- 6 sendok makan madu
- 100 gram kurma kering cincang
- 100 gram aprikot kering siap makan yang tidak diawetkan dengan sulfur, cincang kasar
- susu atau yogurt prebiotik alami untuk penyajian

Cara membuat :

1. Panaskan oven dengan suhu 140 *C. Masukkan kacang mete dan almond ke dalam kantung plastik dan tumbuk dengan penggilas adonan sampai benar-benar hancur. Masukkan kacang yang sudah dihancurkan ke dalam mangkuk bersama oat dan biji-bijian.
2. Panaskan minyak dan madu di dalam panci sampai madunya meleleh. Aduk bersama oat, kacang, dan biji-bijian.
3. Bagi adonan menjadi dua lalu masukkan ke dalam dua buah loyang. Pangganglah selama kurang lebih 30 menit sambil sesekali diaduk sampai adonan berwarna kuning kecoklatan dan sedikit garing ( adonan akan semakin garing ketika sudah mendingin).
4. Pindahkan adonan ke dalam mangkuk dan campurkan kurma serta aprikot, kemudian biarkan dingin. Simpan di dalam stoples kedap udara sampai hendak dimakan. Sajikan dengan susu atau yogurt prebiotik alami.

Keterangan :

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung banyak nutrisi yang memacu kinerja otak, karena kedua jenis makanan ini merupakan sumber Vitamin B kompleks, sumber zat besi, sumber Vitamin E, sumber Seng, selenium, dan asam lemak Omega-6 yang penting. Whole oats ( gandum jenis oat yang tidak dikuliti ) adalah karbohidrat kompleks yang membantu mempertahankan kestabilan tingkat gula darah serta membuat otak dapat bekerja lebih efisien.

Popular Posts