Translate

Wednesday 11 June 2014

Varietas Unggul Durian dan Pembungkusan Buah Salak

Varietas Unggul Durian
a.       Durian Mas
Durian mas bentuk buahnya biasanya lonjong dengan pangkal runcing dan warnnya kuning kemerahan. Ketebalan kulit buahnya sedang dengan jumlah juring 5 dan biji 20 – 35 butir. Tebal daging buahnya, kering, berlemak, teksturnya halus, berwarna agak menyala dan aromanya sedang. Durian mas ini sebenarnya berasal dari daerah Bogor. Pada tahun 1984 durian emas menjadi salah satu vaietas unggul produksi tiap pohon mencapai 200 buah.


b.      Durian Montong
Bentuk buah durian montong  bermacam-macam, dari bulat, lonjong, atau hampir persegi. Bobotnya mencapai 6 kg dengan kulit tebal dan berwarna hijau. Daging buahnya warnanya kuning keemasan, daging tebal, aromanya harum sedang, dan bijinya kecil. Durian yang berasal dari Negara Thailand ini dapat berbuah pada umur 4 tahun ke atas. Kelemmahan tanaman ini tadak tahan terhadap penyakit .
c.       Durian Chanee
Buahnya berbentuk  bulat panjang dengan duri-duri lebih besar dibandingkan dengan durian yang lainnya. Daging buahnya berwarna kuning keemasan, lembut, manis, aromanya sedang. Durian ini mulai berproduksi pada umur 4 – 5 tahun atau lebih. Durian ini mampu beradaptasi diberbagai kondisi lingkungan.
d.      Durian Sunan
Bentuk dari durian sunan bulat telur terbalikdengan kulit buahnya berwarna hijau kecoklatan. Daging buahnya berwarna krem, daging buahnya sangat tebal, manis, aromanya berbau tajam, halus dan berlemak produktifitas buah ini mencapai 800 buah tiap pohonnya. Buah durian sunan ini berasal dari Gendol, Boyolali. Durian sunan tahan terhadap penyakit busuk akar dan penggerek buah.

PEMBUNGKUSAN SALAK
Buah salak yang berukuran lebih kecil dengan yang lainnya sebaiknya dipisahkan, buah yang saling berhimpitan juga harus dikurangi. Ini dilakukan agar buah salak yang berukuran ideal dan memiliki bentuk sempurna siap di bungkus.  Penjarangan : Periksa buah yang sekiranya perlu dijarangkan. Ketahui luas areal dan lokasi yang akan dijarangkan dan beri penjelasan kepada para pekerja mengenai lokasi dan luasan yang perlu dijarangkan buahnya. Lakukan penjarangan pertama setelah 2 bulan penyerbukkan atau ketika buahnya seukuran kerikil. Caranya pilih buah yang abnormal, buah yang terserang hama dan buah yang kena penyakit atau buah yang normal akan tetapi posisinya terjepit. Tusuk buah yang terjepit untuk dijarangkan menggunakan kawat yang tajam dan tarik kawat tersebut. jangan lupa kumpulkan buah yang telah dijarangkan ke dalam wadah untuk dibuang. Penjarangan kedua bisa dilakukan sebulan setelah penjarangan pertama. Dengan cara yang sama seperti yang dilakukan pada saat penjarangan pertama. Pembungkusan buah bertujuan untuk menjaga kualitas buah salak dan mencegah hama dari luar. Caranya cukup mudah, sederhana, yaitu dengan menutupi buah hinga dompolannya tertutup rapat denga plastik atau yang lainnya. Pastikan bahwa tutupnya rapat dan tidak bisa dimasuki serangga atau hama. Buah salak yang dibungkus juga akan memiliki warna yang lebih cerah ( kulitnya ) dan memiliki yang mengkilat. Karena tertutup, buah salak akan tetap utuh sampai pada saatnya dipanen.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Wikipedia

Search results