Translate

Tuesday 17 June 2014

CARA MEMASAK DAGING TUMIS DAN LIDAH SAPI MASAK PEDAS

DAGING TUMIS

Bahan : 1/2 kg daging
bumbu : 1/2 sendok teh merica, garam secukupnya, minyak goreng secukupnya, 3 siung bawang putih dicincang, 1 buah bawang bombay diiris-iris, 4 buah cabe merah diiris-iris miring, 4 buah cabe hijau diiris-iris miring, 200 gram wortel diiris-iris, 200cc air, 1 sendok makan kecap manis, 3 batang daun bawang, 1 sendok makan tepung terigu dilarutkan dengan sedikit air.

Cara memasak : bersihkan daging terlebih dahulu. Setelah daging bersih iris daging tipis-tipis, lalu campur dengan merica dan garam aduk-aduk agar bumbunya masuk dan merata, diamkan didalam wadah selama 10 menit agar bumbu meresap ke dalam daging tadi. Sambil menunggu bumbu meresap, nyalakan kompor dengan api yang sedang dan panaskan minyak goreng yang sudah disiapkan secukupnya, tumis bawang putih, bawang bombay, cabe hijau dan cabe merah sampai layu lalu masukkan daging. Aduk terus, setelah daging mulai berubah warna dan diaduk aduk, masukkan wortel yang sudah diiris-iris. Tambahkan air dan kecap manis, masak terus sampai daging matang, lalu masukkan daun bawang dan aduk terus. Setelah matang lalu masukkan terigu dan aduk hingga mengental matang dan angkat.

sajikan bersama buah mentimun sebagai pencuci mulut, minuman lebih cocok yang hangat-hangat, minuman teh hangat, minuman jeruk hangat, atau juga bisa air putih hangat. Maksudnya adalah agar lemak dalam daging tidak membeku/menggumpal didalam lambung kita.


DAGING SAPI

LIDAH SAPI MASAK PEDAS
BAHAN :
-          1 kg lidah sapi yang telah direbus matang.
-           6 buah bawang merah
-          5 siung bawang putih
-          2 lembar daun salam
-          1 iris lengkuas
-          200 gr cabe merah
-          100 gr cabe hijau
-          1 ½ sendok teh gula pasir
-          3 sendok makan kecap manis
-          2 sendok makan air asam
-          2 sendok makan minyak sayur murni
Cara Memasak :
1.       Bawang merah, bawang putih ( yang sudah siap ), cabe hijau ( yang sudah siap), cabai merah ( yang sudah siap ), dan lidah diiris kecil- kecil.
2.       Tumis bawang merah dan bawang putihdalam minyak panas, masukkan bahan dan bumbulainnya. Bisa ditambahkan tomat yang sudah dipotong kecil- kecil. Masak hingga semua bahan matang lalu angka


KALIO BUNTUT SAPI
Bahan :
-          2 lembar daun jeruk  purut
-          2 sendok makan minyak
-          1 batang serai dimemarkan/tumbuk
-          1lembar daun salam
-          1 liter santan cair
-          ½ santan kental
-          ½ lemar daun kunyit
-          ½ buntut sapi dipotong- potong
Bumbu yang dihaluskan :
-          5 butir kemiri dan 6 butir bawang merah
-          2 siung bawang putih
-          2 sendok  teh ketumbar
-          1 potong asam kandis
-          ½ sendok teh jinten dan garam, gula secukupnya
Cara memasak :
1.       Panaskan minyak terlebih dahulu, dan tumis bumbu yang sudah disiapkan dan dihaluskan, masukkan serai, daun jeruk purut dan daun salam. Setelah baunya harum, lalu masukkan potongan buntut sapi. Aduk – aduk sampai berubah warnanya. Kemudian tambahkan santan cair ke dalamnya. Dan masak sampai buntut tersebut sudah lunak.
2.       Bila santan sudah mengering dan buntut belum lunak dapat ditambahkan air secukupnya dan masak terus sampai lunak. Setelah itu masukkan santan kental yang sudah siap.

3.       Masak sampai seluruh bahan sudah matang. Angkat selesai.

Search This Blog

Wikipedia

Search results