Translate

Monday 16 June 2014

PASCA PANEN BUAH ALPUKAT

PASCA PANEN BUAH ALPUKAT

1. PEMILIHAN BUAH

buah alpukat, cara menanam buah alpukat, pasca panen, panen
Buah avokad yang telah dipanen dikumpulkan lalu dicuci hingga bersih untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel sehingga mempermudah pemilihan. Cara pencucian tergantung pada kotoran yang menempel. Tujuan pemilihan buah adalah untuk memilih buah yang baik dan memenuhi syarat konsumsi.

Ciri buah avokad yang baik biasanya tidak cacat, kulitnya mulus tanpa bercak, cukup tua tetapi belum matang, serta bentuk dan ukurannya seragam. 1 kg buah avokad biasanya terdiri atas 3 buah atau bobot maksimum 400 gram/buah.

2. PENYIMPANAN DAN PEMERAMAN

Buah avokad bisa dikonsumsi apabila sudah masak, Untuk mencapai tingkat kematangan yang baik diperlukan waktu sekitar 1 minggu ( 7 hari ), setelah buah dipanen ( buah yang dipetik sudah tua ). JIka tenggang waktu tersebut akan dipercepat, buah harus diperam. Untuk keperluan ekspor, pemeraman avokad tidak perlu dilakukan, karena tenggang waktu ini disesuaikan dengan lama waktu pengiriman.
Cara pemeraman avokad cukup sederhana. Masukkan buah ke dalam karung goni, lalu ujungnya diikat rapat. Letakkan karung goni berisi buah tadi ke tempat yang kering dan bersih. 

3. PENGIRIMAN DAN PENGEPAKAN

Buah avokad biasanya bisa dikemas menggunakan karung atau juga bisa dengan keranjang. Pengiriman dilakukan dengan menggunakan kendaraan truk atau gerobak jika jarak tempuh tidak jauh. Kemasan untuk kategori ekspor bisa menggunakan karton atau kardus, penataan buah dilapisi dengan tissue dan diatur rapi. Kalau bisa susunannya diberi sekat dengan plastik atau kardus.


CARA MEMANEN BUAH AVOKAD

1. CIRI-CIRI BUAH DAN UMUR BUAH SIAP PANEN
 Buah Avokad biasanya berbunga pada awal musim hujan. Biasanya pada Bulan Desember, Bulan Januari, dan bulan Februari buah Avokad  buahnya paling lebat dan banyak. Musim panen buah avokad bisa terjadi setiap bulan (kapan saja). Mulai matang buahnya pada umur 6-7 bulan setelah bunga pohon advokad telah mulai mekar. Untuk bisa memastikan buah advokad benar-benar sudah matang atau belum matang, petik beberapa buah dulu sebagai contoh. Jika buah-buah contoh tersebut masak dengan baik, itu tanda-tandanya jika buah tersebut sudah tua dan siap dipanen.
Ciri-ciri buah yang sudah tua, tetapi belum masak adalah warna kulit tua tetapi belum coklat atau merah dan tidak mengkilap. Jika diketuk dengan punggung kuku, buah akan mengeluarkan bunyi nyaring. Jika buah digoyang-goyang, terdengar goncangan biji. Bila di pijit buahnya masih keras.

2. MEMETIK
Pada umumnya buah avokat dipanen secara manual, bisa dipetik menggunakan tangan.  Jika kondisi pohon tidak bisa untuk kita dipanjat, panen bisa dilakukan dengan menggunakan galah panjang sesuai tinggi pohonnya yang diberi tangguk kain atau karung goni di ujung atau juga bisa menggunakan tangga. Petik buahnya bersama dengan 3-5 cm tangkai dari buahnya dengan tangan atau gunting buah untuk mencegah memar, luka, infeksi dibagian dekat dengan buahnya.
Bisa juga Anda cari di link tanaman pangan


No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Wikipedia

Search results