Translate

Saturday 7 June 2014

SYARAT TUMBUH TANAMAN DURIAN DAN JERUK BESERTA MANFAATNYA

DURIAN (DURIO ZIBERTHINUS)


SYARAT TUMBUH
Durian umumnya membutuhkan ketersediaan air yang cukup, sehingga banyak tumbuh di daerah- daerah dengan tipe iklim A dan B. Tipe iklim A dan B memiliki 7 - 10 bulan basah serta 2 - 4 bulan kering dengan curah hujan 1.500 mm/tahun sampai dengan 2.500 mm/tahun. Sementara itu, intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan sekitar 40 - 50 % Dengan suhu udara sekitar 22 - 29*C. Ketinggian optimal lahan penanamannya adalah sekitar 400 - 600 m di atas permukaan air laut. Durian juga dapat di tanam di dataran rendah, dengan catatan curah hujan merata sepanjang tahun di daerah tersebut.Dan  Jika di tanam di daerah dataran tinggi, waktu berbunga durian lebih lambat apabila dibandingkan dengan tanaman durian yang ditanam di daerah dataran rendah.

PERKEBUNAN DURIAN
Lokasi penanaman sebaiknya terbuka, meskipun durian relatif tahan naungan.

Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman durian adalah tanah lempung berpasir, subur, gembur, dan tidak bercadas. Tanah liat kurang bagus untuk pertumbuhan durian karena drainasenya buruk, terutama pada waktu musim hujan. Sementara pada musim kemarau, tanah liat mengeras dan susah menyerap air. Kedalaman air tanah yang cocok untuk tanaman durian sekitar 50 - 300 cm dengan pH tanah  6 - 7. Topografi tanah yang baik adalah tanah yang agak miring.

JERUK ( CITRUS SP )
Di Indonesia, Jeruk sudah tumbuh sejak beberapa abad yang lalu, baik secara alami maupun dibudidayakan oleh para Petani. Tanaman Jeruk yang ada di Indonesia merupakan peninggalan Belanda yang mendatangkan jeruk manis dan keprok dari Amerika dan Italia. Jerukpun memiliki beberapa spesies dari 6 genus di antaranya adalah Microciturs, Citrus, Cymedia, Fortunella, Poncirus, dan Eremocirus.

Manfaat Buah Jeruk
Jeruk bisa dimanfaatkan sebagai buah segar atau makana olahan, karena cita rasa dan kandungannya akan Vitamin C yang tinggi. Bahkan ada beberapa negara telah memproduksi minyak dari kulit dan biji jeruk serta gula tetes, pektin, dan alkohol dari buah jeruk yang terbuang. Minyak dari kulit Jeruk digunakan sebagai bahan membuat minyak wangi, membuat sabun mandi, membuat esens minuman dan juga sebagai campuran pembuatan kue. Beberapa jenis Jeruk seperti jeruk nipis dimanfatkan sebagai obat tradisional untuk menurunkan panas, meredakan nyeri saluran napas bagian atas dan menyembuhkan radang mata.
Untuk informasi tanaman yang lainnya kunjungi tanaman pangan.


No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Wikipedia

Search results