Translate

Saturday 9 August 2014

Cara membuat Sup Kacang Merah


Cara membuat Sup Kacang Merah

Kuliner enak dan bergizi asli Indonesia
Sup ini di dalamnya terdapat berbagai bahan pangan yang bermanfaat bagi otak, mulai dari sayuran, polong-polongan, sampai pasta dan keju. Rasanya akan lebih lezat lagi apabila semua bahan-bahannya dibiarkan meresap. Sajikan dengan potongan garlic bread (roti dengan olesan bawang putih) untuk meningkatkan asupan karbohidrat bagi tubuh.
cara membuat sup kacang merah, cara memasak

Untuk ukuran 4 porsi
Resep dan Bahan-bahan :
2 sdm minyak zaitun
1 batang daun bawang, cincang halus
1 buah wortel, potong kecil-kecil
1 batang seledri, cincang halus
3 buah buncis, iris halus
900ml kaldu sayuran
300ml pasta tomat
2 lembar bay leaf
100g pasta berbentuk kerang kecil-kecil
100g kacang merah
Garam dan merica secukupnya
Taburan rosemary segar
Keju Parmesan segar yang diparut untuk penyajiannya


Cara Membuatnya :
  1.  Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang dan masukkan daun bawang. Masak dalam 5 menit sambil sesekali diaduk hingga layu. Tambahkan wortel, seledri, dan buncis, lalu masak lagi selama 5 menit.
  2. Tuangkan kaldu sayuran dan pasta tomat, lalu tambahkan bay leaf. Aduk sampai rata. Didihkan lalu kecilkan api dan biarkan mendidih dengan panci setengah tertutup selama 15 menit. Keluarkan bay leaf, dan dengan menggunakan blender atau food processor, buat sayuran menjadi pure yang agak kasar, sehingga masih ada potongan-potongan kecil sayuran didalam sup.
  3. Masukkan kembali bay leaf ke dalam sup, tambahkan pasta berbentuk kerang, kacang merah, dan rosemary, kemudian beri garam dan merica secukupnya. Anda mungkin akan perlu menambahkan kaldu lagi atau air apabila sup terlalu kental.
  4. Lalu bagi kedalam 4 mangkuk sup dan sajikan dengan taburan keju parmesan

INFO:
Polong-polong mengandung vitamin B kompeks, zat besi, dan magnesium yang semuanya sangat penting bagi fungsi otak, daya ingat, dan kesehatan sistem saraf.

TIP
Selain kacang merah kalengan, dapat digunakan kacang merah kering atau segar. Untuk yang ini, rendam dan rebus dulu sampai empuk.

Search This Blog

Wikipedia

Search results