Translate

Friday 13 June 2014

Jagung Putren Cah Telur dan Dadar Sarden Pedas

JAGUNG PUTREN CAH TELUR
Di Indonesia jagung sudah tidak asing lagi, banyak kita jumpai baik di kebun secara langsung, ladang, pekarangan rumah, maupun pasar. Selain sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi, jagung bisa juga kita manfaatkan sebagai bahan sayur, popkron, dan lain-lain. Jagung muda biasanya lebih cocok untuk kita jadikan sebagai bahan sayur-mayur. Biasanya jenis jagung yng sering dimasak adalah jagung manis. Berikut adalah contoh cara membuat JAGUNG PUTREN CAH TELUR. Anda bisa mempersiapkan hal-hal sebagai berikut:

Bahan : 3 siung bawang putih diiris iris, 2 buah cabai hijau diiris miring, 100 gram jamur kancing dibelah dua, 1 butir telur dikocok lepas, 75 gram taoge, 100 gram jagung putren diiris miring, 1/2 sendok makan kecap ikan, 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica bubuk, 1/2 sendok teh gula pasir, 150 ml air, 1 batang daun bawang diiris halus, 2 sendok makan minyak untuk menumis.

Cara membuatnya : tumis bawang putih dan cabai hijau sampai harum, masukkan jamur. Tumis sampai layu dan sisihkan di pinggir wajan. Tambahkan telur dan aduk sampai berbutir kasar. Tambahkan jagung putren dan taoge aduk rata dan tumis sampai layu. Masukkan kecap ikan, garam, merica, dan gula. Tuangkan air dan masak sampai meresap hingga kering. Lalu tambahkan daun bawang dan aduk sampai meresap.

Sajikan Jagung Putren Cah Telur, bersama keluarga anda akan berasa lebih nikmat melengkapi menu masakkan di meja makan anda.

DADAR SARDEN PEDAS
Persiapkan terlebih dahulu bahan dan saus terlebih dahulu seperti langkah berikut di bawah ini :
Bahan :
- sarden pedas 425 gram
- bawang bomabai 1 buah cincang kasar
- bawang putih goreng 1 sdm, cincang
- merica bubuk 1/4 sdt
- daun bawang 4 batang dan iris tipis
- telur ayam 6 butir kocok lepas
- margarin 2 sdm

Bahan saus :
- bawang bombai 1/2 buah cincang
- cabai rawit 4 buah, potong 1/2 cm
- minyak goreng 1 sdm

Cara membuatnya:
Pisahkan ikan dengan bumbu sarden, sisihkan bumbunya. Potong ikan berbentuk dadu, campur dengan bawang bombai, bawang putih, merica dan daun bawang. masukkan dalam telur aduk merata. Panaskan sedikit dengan margarin di dalam pan dadar yang anti lengket, tuang 1 ( satu ) sendok sayur adonan. Masak hingga matang sambil sesekali di anda bolak-balik. Angkat dan lakukan hingga adonan habis.

Saus :
Panaskan minyak, tumis bawang bombai dan cabe rawit hingga harum. Tambahkan saus sambal yang telah siap, selanjutnya tuang bumbu sarden lalu masak hingga mendidih. Tuang larutan maizena masak sambil diaduk-aduk terus, hingga kental, angkat.

Sajikan bersama dengan saus.


Dadar sarden pedas sudah siap disajikan bersama keluarga. Hidangkan dan rias sesuka anda, agar keluarga dan anak lebih bernafsu makan. Cocok disajikan saat suhu udara luar dingin, untuk menghangatkan tubuh.

Search This Blog

Wikipedia

Search results