Translate

Monday 23 June 2014

TANAMAN JAMBU BIJI DAN MANFAAT BUAH JAMBU

Jambu Biji (Psidium guajava Linn)

buah jambu, tanaman jambu, tumbuhan jambu, jambu biji
Jambu biji merupakan salat Satu Tanaman buah JENIS perdu Yang berasal Bahasa Dari Negara Brasil, amerika Tengah. Tanaman inisial kemudian meyebar Ke Thailand Dan Negara Asia Before Dan akhirnya Wire color Kawat warna Ke Indonesia. SAAT Suami jambu biji telah dibudidayakan Dan tersebar di Pulau Jawa barisan aritmetik.
Jambu biji juga sering disebut   Jambu klutuk atau jambu batu. Dalam, Bahasa Inggris, buah Suami disebut lambo jambu. Bahasa Dari sejumlah JENIS jambu biji, beberapa varietas memiliki value per share Ekonomi Yang Tinggi seperti jambu sukun, jambu Bangkok, jambu merah, jambu Pasar Minggu, jambu apel, jambu sari, jambu Palembang, getas merah jambu Dan.

Manfaat Tanaman Jambu Dan Buah Jambu

Jambu biji mempunyai rasa Dan aroma Yang Khas, KARENA kandungan eugenol layering. Buah jambu biji biasanya dimanfaatkan sebagai buah Segar atau Bisa juga dijadikan Jus. Kandungan vitamin C jambu biji Dalam, lima Kali lebih BANYAK daripada kandungan Vitamin C Dalam, buah Jeruk. Selain ITU juga, kandungan vitamin A Buah Suami tergolong Tinggi Artikel Baru Kadar gula 8%.

Tanaman jambu biji juga Bisa dimanfaatkan sebagai pagar di pekarangan Rumah Dan Tanaman hias. Kayunya pun KUAT era lembap, sehingga Bisa dibuat berbagai Alat-dapur. Dalam, PENGOBATAN tradisional asli, daun jambu biji berkasiat untuk Mengobati diaremaag, diabetes mellitus, masuk angin, luka baru Negara, Dan masuk Angin.

Varietas Unggul Jambu Biji
1. Jambu Biji Sari
Jambu biji sari termasuk juga jenis jambu biji Bangkok. Ukuran jambu biji sari ini lebih kecil dari pada jambu biji Bangkok. Diameter buahnya sekitar  8 – 10 cm dengan berat 600-1.000 gram dan bentuk buahnya bulat hampir sempurna. Daging buah jambu biji sari tebal, bertekstur halus, rasanya manis, berwarna putih, harum dan empuk tidak berserat. Kulit buahnya mengkilap, dan licin, berwarna kekuning-kuningan saat matang. Akan tetapi anehnya setelah matang buah biji sari ukurannya lebih kecil dibanding pada saat buahnya belum matang.

2. Jambu Merah Getas
Buah ini merupakan persilangan antara jambu biji pasar minggu dengan jambu biji Bangkok. Sifat unggul dari hasil persilangannya. Dan buahnya berwarna merah. Jambu merah getas ukuran buahnya besar, dagingnyapun tebal dan teksturnya lunak. 

3. Jambu Biji Sukun
Salah satu jambu yang tidak memiliki biji, daging buahnya berwarna putih, dan bentuk buahnya hampir mirip seperti buah apel. Jambu biji sukun daging buahnya agak keras akan tetapi aromanya wangi. Buahnya kalau dimakan renyah. Jambu Biji sukun jarang ada ulat di dalam daging buahnya dikarenakan jambu ini tahan terhadap hama dan penyakit.

4. Jambu Biji Palembang
Jambu biji Palembang adalah jambu hasil persilangan antara Jambu biji Bangkok dengan jambu biji Australia. Karena persilangannya dilakukan di di Palembang, jambu ini dikenal dan diberi nama jambu biji Palembang.

5. Jambu Biji Pasar Minggu
Jambu ini tergolong jambu jenis local, mempunyai dua varian, berwarna putih dan merah. Jambu biji Pasar minggu kulit buahnya tipis, bentuk buahnya lonjong, dan berwarna hijau kekuningan jika sudah matang.

Search This Blog

Wikipedia

Search results