Translate

Thursday 21 August 2014

Cara Membuat Sup Tomat dan Lentil



Cara Membuat Sup Tomat dan Lentil 
                                                                          
cara membuat sup tomat, gambar sup tomat, tomat sayur, buah tomatKuliner enak dan bergizi asli Indonesia. Sup yang di jual di rumah makan ataupun warung-warung biasanya mengandung lemak, gula, dan garam yang cukup banyak. Proses pengalengannya juga telah merusak berbagai zat gizi ( yang dijual di toko-toko ) penting yang terkandung di dalamnya. Nilai lebih dari sup tomat buatan sendiri ini adalah tambahan manfaat bagi kesehatan yang diperoleh dari lentil. Tidak sekedar itu, waktu pembuatannya juga relatif singkat. Sajikan dengan potongan-potongan potongan roti renyah.

Bahan :
Untuk 4 porsi
- 50 gram lentil merah kering ( dibelah ) dan bilas
- 1 sendok makan minyak zaitun
- 1 buah bawang bombay cincang
- 1 buah wortel, potong kecil-kecil
- 1 batang seledri, cincang halus
- 500 ml pasta tomat
- 500 ml kaldu sayuran
- 1 lembar bay leaf
- Garam dan merica, secukupnya
- Dan 3 sendok makan susu cair

Cara membuat :
1. Rebus lentil dengan air hingga mendidih. Kecilkan api dan biarkan mendidih dengan panci setengah tertutup selama 15 menit atau sampai agak lunak. Buang kotoran yang muncul di permukaan, kemudian tiriskan.
Panaskan minyak di dalam wajan. Tambahkan bawang bombay , tutup wajan dan biarkan selama 8 menit sampai layu. Tambahkan wortel dan seledri, tutup wajan dan masak lagi  selama 3 menit sambil sesekali diaduk untuk mencegah sayuran lengket di dalam wajan.
2. Tambahkan pasta tomat, kaldu, lentil, dan bay leaf. Didihkan. Kecilkan api dan biarkan mendidih dengan wajan setengah tertutup selama 25 menit, sampai lentil serta sayuran layu dan sup mulai mengental. Tuangkan sup ke dalam blender dan buat menjadi pure halus. Tuang kembali sup ke dalam wajan, beri garam dan merica secukupnya kemudian campurkan susu cair sambil diaduk. Panaskan kembali bila perlu, lalu sajikan.

Search This Blog

Wikipedia

Search results