Translate

Saturday 30 August 2014

Cara membuat Telur Ceplok dengan Kentang

Cara membuat Telur Ceplok ( dengan cincin kentang)

Karbohidrat yang terkandung di dalam kentang membantu meningkatkan kadar serotonin, yaitu hormon yang menenangkan otak. Dengan demikian makanan ini sangat tepat  dihidangkan dipenghujung hari. Telur yang digunakan menambah manfaat dari hidangan ini. Sajikan dengan syuran hijau pilihan Anda.

Untuk 2 porsi
Bahan :
300 gram kentang, belah 2 bagian
1 buah wortel besar, belah menjadi 3 bagian
garam dan merica secukupnya
minyak bunga matahari untuk menggoreng
2 butir telur

Cara membuat :

1. Kukus kentang dan wortel selama 10 menit sampai agak lunak akan tetapi tidak matang seluruhnya. Biarkan dingin kemudian kupas dan parut kasar. Masukkan ke dalam mangkuk.
2. Bumbui campuran kentang dan wortel dengan garam dan merica secukupnya kemudian dibagi 2. Bentuk tiap bagian menjadi cincin dengan lubang di tengahnya. Cincin ini memang agak mudah patah, tetapi adonan akan mengeras saat dimasak.
3. Tuangkan minyak secukupnya untuk melapisi bagian bawah wajan, dan panaskan dengan api sedang. Dengan hati-hati masukkan cincin ke dalam wajan  dan masak selama 7 menit pada satu sisinya sampai berwarna keemasan, kemudian balik dan masak lagi selama 5 menit. Pecahkan telur di atas lubang yang ada di tengah-tengah tiap cincin. Kemudian masak lagi selama 2 menit.
4. Taruh wajan di panggangan yang sudah dipanaskan, lalu masak cincin selama 2 menit lagi, atau sampai telur agak matang dan sajikan.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Wikipedia

Search results