Search This Blog

Sunday, 17 August 2014

RESEP CARA MEMBUAT MIE AYAM MELAYU

RESEP BUMBU DESA WARISAN NUSANTARA
Potongan-potongan ayam menambah kelezatan hidangan khas Melayu ini. Anda juga dapat menggunakan udang untuk menggantikan ayam sebagai alternatif yang bergizi. Pilihan sayuran dapat disesuaikan dengan keinginan kita.

Umtuk 2 porsi 
 Bahan :
- 175 g dada ayam tanpa kulit dan tulang, potong menjadi irisan-irisan kecil
- 115 g mi telur
- 1 sendok makan minyak goreng
- 1 batang daun bawang dicincang
- 1/4 buah paprika merah, buang bijinya dan potong dadu
- 4 buah jagung muda, iris memanjang
- 5 buah kapri manis
- bubuk kari 1 sendok teh
- dan santan kelapa 150 ml
- 100 ml kaldu sayuran
- biji wijen dan daun bawang, saat disajikan

Cara membuat mi ayam melayu :
- Panaskan panggangan dan lapisi wajan pemanggang dengan kertas aluminium. Olesi ayam tipis-tipis dengan minyak dan panggang selama 8 menit atau sampai berwarna keemasan. Jaga agar tetap hangat.
- Selagi ayam dipanggang, masak mi sesuai petunjuk di kemasannya. Tiriskan lalu bilas dengan air dingin untuk mencegah mi menjadi terlalu matang, lalu tiriskan.
- Panaskan sisa minyak di dalam wajan, kemudian tumis daun bawang, bawang putih, paprika merah, jagung muda, dan kapri manis selama 5 menitsambiul diaduk. Tambahkan bubuk kari dan masak lagi selama 1 menit.
- Masukkan santan kelapa dan kaldu, lalu masak selama 5 menit  sampai mengental. Tambahkan mi dan panaskan secara merata.
- Untuk menyajikan, masukkan mi, sayuran, dan kuahnya ke dalam mangkuk. Taburi dengan potongan ayam, biji wijen, dan daun bawang, bila suka.

Info : daging ayam mengandung protein berkualitas, juga selenium, zat besi, serta vitamin B kompleks. Namun kulitnya sarat dengan lemak jenuh, jadi sangat dianjurkan agar anda membuangnya. Belilah ternak unggas organik jika memungkinkan, agar anda dapat menghindari zat-zat kimia berbahaya yang mungkin saja mempengaruhi efisiensi otak.

Popular Posts